PKG Online

Dalam Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang sekarang diselenggarakan secara online, hal tersebut lumayan membuat operator sekolah kewalahan, dikarenakan beberapa faktor, antara lain :
  1. Kepala Sekolah kurang mengetahui cara menilai guru tersebut, sehingga banyak lembar penilaian yang masih kosong
  2. Adapun Kepala Sekolah membuat tim penilai untuk PKG, dalam hal ini guru-guru yang ada di sekolah nya kurang mengetahui juga
  3. Dalam penilaiannya pun dirasakan terlalu berbelit-belit, mengapa ? Karena pada lembaran-lembaran penilaian PKG terdapat kalimat atau point-point yang diulang-ulang. Hal tersebut sangatlah membuat pekerjaan terlalu lama.
  4. Proses yang dilakukan dalam Penilaian Kinerja Guru (PKG) harusnya dilakukan secara terus menerus, bukannya dilakukan kalau ada instruksi oleh pihak-pihak pendidikan. Karena hal tersebut sudah menjadi kewajiban guru untuk mengetahui bagaimana kinerja guru tersebut melaksanakan pembelajaran di sekolah.
  5. Untuk tahap selanjutnya yaitu tahap/bagian dari pada kerja operator selaku entry data, bukan hanya harus bergelut dengan entry data saja, mereka acap kali diharuskan melengkapi berbagai data yang dianggap kurang lengkap untuk mengisi PKG.
  6. Begitu halnya dengan sinyal/koneksi, mereka sering kali bersusah payah untuk mendapatkan koneksi internet, seperti pergi ke warnet karena koneksi dengan menggunakan modem sering kali data koneksinya tidak kuat, atau mungkin juga operator tidak dibiayai oleh pihak sekolah untuk membeli pulsa internet, padahal sudah jelas dalam juknis BOS sekolah mengeluarkan biaya untuk pulsa internet sebesar 250rb/bulan. hhhmmmmm ironis....
  7. Yang sering terjadi kalau server padamu selalu sibuk untuk dibuka, hal tersebut dikarenakan terlalu banyak pengunjung yang menggunakan hak akses layanan padamu negeri. Semestinya pemerintah mengalokasikan dana nya untuk membuat/membeli kuota server yang jauh lebih besar.
Semoga saja Penilaian Kinerja Guru membuahkan hasil bagi dunia pendidikan, guna mencerdaskan anak bangsa ke arah yang lebih baik lagi.

Terima kasih#Pendas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PKG Online"

Post a Comment